Bangkok Time (GMT + 07:00)

Tanggung Jawab Sosial (CSR)



Tanggung Jawab Sosial / Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep yang menegaskan bahwa suatu organisasi/perusahaan tidak hanya melakukan kegiatan-kegiatan mereka hanya untuk kepentingan dan keuntungan pribadi mereka, namun juga harus bertanggung jawab terhadap elemen-elemen sosial yang ada disekitarnya.

Pengertian CSR sangat beragam. Intinya, CSR adalah operasi bisnis yang berkomitmen tidak hanya untuk meningkatkan keuntungan perusahaan secara finansial, tetapi untuk pembangunan sosial-ekonomi kawasan secara holistik, melembaga, dan berkelanjutan. Beberapa nama lain yang memiliki kemiripan dan bahkan sering diidentikkan dengan CSR adalah corporate giving, corporate philanthropy, corporate community relations, dan community development.


Di Indonesia, Istilah CSR semakin populer digunakan sejak tahun 1990-an. Beberapa perusahaan sebenarnya telah lama melakukan CSA (Corporate Social Activity) atau aktivitas sosial perusahaan. Walaupun tidak menamainya sebagai CSR, secara faktual aksinya mendekati konsep CSR yang merepresentasikan bentuk "peran serta" dan "kepedulian" perusahaan terhadap aspek sosial dan lingkungan.


Selain itu, pemilik perusahaan sejatinya bukan hanya shareholders atau para pemegang saham. melainkan pula stakeholders, yakni pihak-pihak yang berkepentingan terhadap eksistensi perusahaan. Stakeholders dapat mencakup karyawan dan keluarganya, pelanggan, pemasok, masyarakat sekitar perusahaan, lembaga- lembaga swadaya masyarakat, media massa, dan pemerintah selaku regulator. Jenis dan prioritas stakeholders relatif berbeda satu perusahaan dan lainnya, bergantung pada core bisnis perusahaan yang bersangkutan (Supomo, 2004).


Contoh tindakan CSR pada suatu perusahaan misalnya pada PT Inalum. Untuk meningkatkan pendidikan, khususnya untuk masyarakat sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan (Pabrik Peleburan) dan petani (PLTA), dan untuk meningkatkan daya saing masyarakat sekitar, maka PT Inalum melakukan perbaikan gedung-gedung sekolah, bantuan alat pendukung belajar, mobiler, serta membangun satu unit SMA yang bernama SMA Mitra. Tidak hanya itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan, PT Inalum juga memberikan bantuan komputer dan multimedia projector kepada universitas-universitas yang ada di Sumatera Utara.





0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.
 
Copyright © yuvahito's page