Bangkok Time (GMT + 07:00)

Komputasi Modern

Komputasi Modern adalah sebuah istilah di dalam dunia komputer, dimana perhitungan atau komputasi dilakukan dengan cara modern, yaitu dengan menggunakan komputer untuk menyelesaikan masalah masalah dalam berbagai bidang. Pengertian dari komputasi itu sendiri adalah suatu cara yang dapat digunakan untuk menemukan suatu solusi dari data yang telah kita input dengan menggunakan algoritma. Seiring dengan perkembangan zaman, kini komputer tidak hanya digunakan untuk melakukan komputasi atau perhitungan saja, namun dapat digunakan untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu atau sains.

Sejarah Komputasi Modern
Pada zaman dahulu, komputasi dilakukan dengan menggunakan alat yang masih sederhana seperti pena, pensil, kertas, dan sebagainya. Berawal dari gagasan seorang tokoh bernama Von Neumann, ia merupakan orang pertama yang mencetuskan konsep komputasi modern  yaitu sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori sehingga menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini.
Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC. Arsitektur yang dirancang oleh Von Neumann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan di dalam memori, dengan pengendali pusat, input-output, dan memori.


Jenis-jenis Komputasi Modern

Komputasi Modern terbagi menjadi tiga macam, yaitu:
1.       Mobile Computing
Merupakan kemajuan di bidang komputer dimana komunikasi dapat dilakukan tanpa bantuan kabel (nirkabel), mudah untuk dibawa dan dapat dibawa berpindah tempat (mobile). Contohnya adalah sistem GPS dan Smartphone.

2.       Grid Computing
Merupakan komputer yang tebagi ke dalam jaringan berskala besar untuk menyelesaikan masalah kopmputasi skala besar.

3.       Cloud Computing
Cloud computing adalah komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan.





Referensi: akudisinidwi.wordpress.com, paperfold.wordpress.com, ariesre.wordpress.com, betawigaoel.wordpress.com, ghani.gxrg.org/2011/03/10/penganter-komputasi-modern/



1 comments:

Unknown said...

kita juga punya nih jurnal mengenai komputasi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1277/1/50407705.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Balas

Post a Comment

Powered by Blogger.
 
Copyright © yuvahito's page